Jumat, 07 April 2017

Classical Conditioning

0

Image result for classical conditioning
           
Selamat datang kembali di blog saya, kali ini saya akan meriview sebuah materi kuliah di mata kuliah Psikologi Umum II. Materi yang saya bahas adalah tentang Teori Belajar Classical Conditioning. Menurut saya materi ini sangat menarik karena merupakan salah satu cara belajar yang paling sederhana namun cukup efektif. Langsung saja kita masuk ke materi tersebut

Classical Conditioning
Sebelum masuk ke Teori classical conditioning kita akan membahas sedikit tentang teori belajar Behavioristik, karena classical conditioning termasuk ke dalam teori ini
Teori belajar behavioristik dikemukakan oleh Gage dan Berliner tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. Teori ini akhirnya berkembang menjadi aliran psikologi yaitu belajar yang berpengaruh terhadap arah pengembangan dan praktik pendidikan dan pembelajaran. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar yang permanen. Teori behavioristik adalah sebuah teori pembelajaran yang memusatkan perilaku yang dapat di amati, sehingga di definisikan pembelajaran sebagai sesuatu yang sifatnya stabil, perubahan perilaku yang dapat di amati.
Pavlov adalah salah satu tokoh dari aliran Behaviorisme.  Nama lengkap Pavlov adalah  Ivan Petrovich Pavlov, dilahirkan di Rjasan (Rusia) pada tanggal 18 September 1849. Ivan Pavlov  wafat di Leningrad pada tanggal 7 Februari 1936. Eksperimen yang dibuat Pavlov sangat berkembang di bidang psikologi dimulai ketika ia melakukan studi tentang air ludah dan pencernaan yang kemudian dikenal dengan teori Clasical Conditioning, sehingga dalam sejarahnya ia dikenal sebagai ilmuan besar Rusia yang berhasil meraih Nobel pada tahun 1909 dalam lapangan ilmu fisiologi.
Ada bebearapa istilah yang digunakan oleh Pavlov gunakan dalam eksperimennya ini. Pertama, Unconditined Stimulus (US) yaitu makanan sebagai stimulus asli yang dapat merangsang anjing untuk mengeluarkan salivanya. kedua, Conditioned Stimulus (CS) yaitu lonceng yang akan digunakan untuk mengondisikan. Ketiga, (US) di satukan dengan (CS) dapat menimbulkan adanya Unconditioned Respon (UR). Contohnya makanan yang dikeluarkan setelah lonceng dibunyikan nmenyebabkan anjing mengeluarkan air liur. Kemudian karna adanya pembiasaan, hanya dengan lonceng saja(tanpa makanan) anjing telah mengeluarkan air liur (asosiasi telah terbentuk). Keempat, Berdasarkan ini, maka CS dapat menimbulkan CR.
Berikut adalah penelitian Ivan Pavlov terhadap seekor anjing :
  1. Ketika anjing lapar, lonceng (Conditioned Stimulus) dibunyikan, 30 detik kemudian makanan (Unconditioned Stimulus) dikeluarkan, anjing mengeluarkan air liur (Conditioned Respont).
  2. Percobaan diulang-ulang dengan jarak waktu 15 menit.
3.      Setelah diulang 32 kali, dengan bunyi lonceng saja anjing telah mengeluarkan air liur dan bertambah deras ketika makanan di keluarkan.

Image result for classical conditioning

Beberapa istilah penting dalam classical conditioning
1.      US (unconditioned stimulus) = stimulus asli atau netral: Stimulus tidak dikondisikan  yaitu stimulus yang langsung menimbulkan respon, misalnya daging dapat merangsang anjing untuk mengeluarkan air liur.
2.      UR (unconditioned respons): disebut perilaku responden (respondent behavior) respon tak bersyarat, yaitu respon yang muncul dengan hadirnya US, yaitu air liur anjing keluar karen anjing melihat daging.
3.      CS (conditioning stimulus): stimulus bersyarat, yaitu stimulus yang tidak dapat langsung menimbulkan respon. Agar dapat menimbulkan respon perlu dipasangkan dengan US secara terus-menerus agar menimbulkan respon. Misalnya bunyi bel akan menyebabkan anjing mengeluarkan air liur jika selalu dipasangkan dengan daging. 
4.      CR (conditioning respons): respons bersyarat, yaitu rerspon yang muncul dengan hadirnya CS, Misalnya: air liur anjing keluar karena anjing mendengar bel.

Teori belajar classical conditioning ini walaupun sangat sederhana namun sangat efektif karena sudah banyak yg menerapkannya. Walau masih banyak kekurangannya. Mungkin ini saja yang dapat saya review dari materi kuliah ini. Semoga bermanfaat ilmu yang saya bagikan ini. Terima kasih.


0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net