Sabtu, 08 April 2017

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

0

Selamat datang kembali diblog saya kali ini saya akan membahas materi tentang psikologi pendidikan. Apasih psikologi pendidikan itu? apa saja ruang lingkupnya? dan lain-lain. langsung aja kita masuk untuk membahasnya.
Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan pengaturan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial dari sekolah sebagai organisasi. Psikologi pendidikan berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang, dan sering terfokus pada sub kelompok seperti berbakat anak-anak dan mereka yang tunduk pada khusus penyandang cacat.

Didalam berdirinya psikologi pendidikan ini tidak terlepas dari tiga orang tokoh perintis. Diantara tiga tokoh tersebut adalah:
a.    William James
James mengatakan bahwa sangat penting untuk mempelajari proses belajar mengajar di kelas, karena sangat berguna untuk meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu rekomendasinya adalah mulai mengajar pada titik yang sedikit libih tinggi diatas tingkat pengetahuan dan pemahaman anak dengan tujuan untuk memperluas cakrawala pemikiran anak.
b.    John Dewey
John Dewey adalah tokoh kedua yang berperan besar dalam membentuk psikologi Pendidikan, dia merupakan motor penggerak untuk meaplikasikan psikologi ditingkat praktis. Ada beberapa ide penting yang dapat kita peroleh dari John Dewey:
1)         Dari Dewey kita mendapatkan pandangan tentang anak sebagai pembelajar aktif
( active learner ). Sebelum dia mengemukakan pandangan ini ada keyakinan bahwa disaat belajar anak – anak mestinya duduk diam di kursi dan mendengarkan pelajaran secara pasif dan sopan, sebaliknya Dewey percaya bahwa anak – anak akan belajar dengan lebih baik jika mereka aktif.
2)        Dari Dewey kita mendapatkan ide bahwa pendidikan seharusnya difokoskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungan, dalam artian anak – anak tidak hanya mendapatkan pelajaran berdasarkan belajar yang bersifat formal tetapi juga bisa bersifat informal.
3)        Dewey juga mendapatkan wawasan bahwa semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang selayaknya.

c.    E.L Thorndike.
Dia adalah tokoh ketiga yang banyak memberikan perhatian pada penilaian dan pengukuran dan perbaikan dasar – dasar belajar secara ilmiah. Thorndike berpendapat bahwa salah satu tugas pendidikan disekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak. Ia sangat  ahli dalam melakukan studi belajar dan mengajar secara ilmiah.

Pendekatan Thorndike untuk studi pembelajaran digunakan sebagai panduan bagi psikologi pendidikan diparuh pertama  abad ke-20. Dalam ilmu psikologi Amerika, pandangan B. F. Skinner (1938), yang di dasarkan pada ide-ide Thorndike.

Pendekatan perilaku ala Skinner adalah bahwa proses mental yang di kemukakan oleh psikolog seperti James dan Dewey adalah proses yang tidak dapat di amati dan karenanya tak bisa menjadi subjek studi psikologi ilmiah yang menurutnya adalah ilmu tentang perilaku yang dapat di amati dan ilmu tentang kondisi-kondisi yang mengendalikan perilaku.


Objek Kajian Psikologi Pendidikan
Objek kajian psikologi pendidikan tanpa mengabaikan persoalan psikologi guru terletak pada peserta didik. Karena hakikat pendidikan adalah pelayanan khusus diperuntukkan bagi peserta didik. Oleh karena itu objek kajian psikologi pendidikan, selain teori-teori psikologi pendidikan sebagai ilmu, tetapi lebih condong pada aspek psikologis peserta didik, khususnya ketika mereka terlibat dalam proses pembelajaran.

Secara garis besar banyak ahli membatasi objek kajian psikologi pendidikan menjadi tiga macam:
a.    Mengenai “belajar”, yang meliputi teori-teori, prinsip-prinsip, dan ciri-ciri khas perilaku belajar peserta didik, dan sebagainya;
b.    Mengenai “proses belajar”, yakni tahapan perbuatan dan peristiwa yang terjadi dalam kegiatan belajar peserta didik;
c.    Mengenai “situasi belajar”, yakni suasana dan keadaan lingkungan, baik bersifat fisik maupun nonfisik yang berhubungan dengan kegiatan belajar peserta didik.

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Pada dasarnya dalam psikologi pendidikan itu membahas tentang hal-hal sebagai berikut:
a.       Hereditas dan Lingkungan
b.      Pertumbuhan dan Perkembangan
c.       Potensial dan Karakteristik Tingkah laku
d.      Hasil Proses Pendidikan dan Pengaruhnya Terhadap Individu yang Bersifat Personal dan Sosial
e.       Higiene Mental dan Pendidikan
f.       Evaluasi Hasil Pendidikan
Wah sangat menarik kan, semoga kalian gak bosan untuk datang lagi kesini semoga bermanfaat. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net