Kamis, 01 Desember 2016

Tingkah laku Tolong Menolong (Prososial)

0


Kenapa saya memposting ini, karena saya pernah mempelajari dan mempresentasikannya. saya sayang tertarik dengan materi ini sehingga saya ingin membaginya ke kalian semua.

~~~~~~~~~~~~~~~~
DEFINISI PERILAKU PROSOSIAL 

perilaku prososial: tindakan menolong yang menguntungkan orang lain tanpa memberikan keuntungan (langsung) nyata bagi orang yang melakukan tindakan tersebut dan terkadang dapat pula menimbulkan risiko bagi pihak yang memberikan bantuan (Baron & Byrne, 2005)

Perilaku Prososial merupakan kategori yang luas, mencakup setiap tindakan membantu orang lain, terlepas dari motif orang yang memberikan bantuan tersebut (Bierhof, 2009)

Perilaku Prososial dapat menjadi perilau altruisme maupun tidak (Taylor et.al, 2009)

DEFINISI ALTRUISME
Altruisme. Kepedulian terhadap kesejahteraan orang lain
yang tidak bersifat mementingkan diri sendiri.

Baron & Byrne (2005) ; Tingkah laku yang merefleksikan pertimbangan untuk tidak mementingkan diri sendiri demi kebaikan orang lain.

Altruisme merupakan kebalikan dari sifat egois yang hanya mementingkan diri sendiri sehingga dalam menolong lebih mengutamakan kepentingan orang lain (Myers, dalam Sarwono 1999)

Sears menyatakan bahwa tindakan Altruisme tidak mengharapkan apa pun kecuali untuk kebaikan saja

CONTOH KASUS

Di dalam siaran berita, Anda melihat sebuah segmen tentang perang saudara yang terjadi di belahan bumi lain. Anda melihat para pria, wanita, dan anak-anak di kamp pengungsi, yang semuanya tampak kurus-kering, menatap kosong ke arah kamera TV.Reporter memberitakan bahwa para pengungsi itu sangat membutuhkan bantuan dana secepatnya untuk makanan dan obat-obatan, sebelum angka kematian di sana semakin tinggi. Apakah Anda merasa iba terhadap mereka? Akankah Anda melakukan sesuatu untuk itu?

Anda baru saha selesai makan siang di kafetaria.Ketika melangkah ke luar, Anda melihat sebuah pemandangan yang mengagetkan. Dua orang wanita tampak sedang bertengkar hebat. Satu sama lain saling membentak dan salah satu wanita itu mulai mendorong tubuh lawannya. Anda bertanya-tanya apakah mereka sedang bercanda atau benar-benar marah, apakah Anda harus melakukan sesuatu atau “cuek” saja. Bagaimana cara Anda memutuskan?

BYSTANDER EFFECT
Efek yg bersifat menghambat akibat adanya saksi2 lain dalam situasi darurat


bystander (orang yang kebetulan ada di tempat kejadian dan turut menyaksikan kejadian)

ketika jumlah bystander  semakin banyak, kecenderungan individu untuk menolong semakin berkurang dan semakin lama waktu yang tertunda sebelum pertolongan diberikan

Darley dan Latanéà Difusi Tanggung jawab
Berkurangnya rasa tanggung jawab seseorang untuk mengambil tindakan di dalam situasi darurat karena hadirnya bystander lain; semakin banyak jumlah bystanders, kemungkinan masing-masing individu untuk mengambil tindakan semakin berkurang 

sekian pengetahuan yang dapat saya bagikn semoga bermanfaat, dan mari kita belajar tolong menolong dari video berikut.

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net